Forum Literasi Diskusi Ilmiah STP Reinha Larantuka Gelar Bedah Buku

Memperingati HARDIKNAS Forum Literasi Diskusi Ilmiah STP Reinha Larantuka Gelar Bedah Buku

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas  02 Mei 2021, Forum Literasi Diskusi Ilmiah Sekolah Tinggi Pastoral Reinha Larantuka menggelar bedah buku Pendidikan.  Kegiatan bedah buku tersebut terjadi pada hari Rabu (5/5/2021) di Aula STP Reinha Larantuka yang dihadiri oleh segenap mahasiswa STP Reinha Larantuka.  Adapun judul buku yang dipilih oleh Forum Literasi dan Dsikusi Ilmiah pada kegiatan tersebut adalah “Membangun Pendidikan Indonesia Berkelas Dunia”. Kegiatan diskusi tersebut menghadirkan  langsung pemateri yang juga adalah seorang penulis buku Yosep Belen Keban, S.S., M.M. Buku  Antologi karya bersama para dosen dan pemerhati pendidikan Indonesia  itu dipilih untuk didiskusikan  sebab buku tersebut menjadi referensi ilmiah bagi para agen pendidikan untuk membenahi aneka problematika dalam dunia pendidikan. 

Kegiatan tersebut dilakukan pada Rabu 05 Mei 2021 pada pukul 15.00-17.00 WIT. Kegiatan tersebut berjalan dengan baik yang diawali dengan pengantar oleh pembawa acara Ermelinda Lamapaha mahasiswa semester II STP Reinha Larantuka dan kemudian dilanjutkan dengan diskusi buku yang dipandu langsung oleh moderator Elisabeth Susila L. Sabon. Dalam diskusi buku tersebut Yosep Belen Keban S.S.,M.M. selaku pemateri dan penulis buku memberikan gambaran tentang isi buku yang ditulis oleh 16 dosen pendidikan Indonesia. Buku tersebut penting untuk dibaca terutama bagi para pengelolah pendidikan di Indonesia sebab buku tersebut memberikan gambaran mengenai aneka problematika pendidikan dan juga memberikan solusi bagi pendidikan dalam menghadapi problematika tersebut. Pendidikan ditanah air sudah dan sedang berada pada  Revolusi Pendidikan 4.0  yang sebentar lagi sudah masuk pada era baru yakni era society 5.0. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa untuk membangun pendidikan Indonesia berkelas dunia atau berdaya saing secara global yakni pendidikan harus sedini mungkin melakukan pembenahan baik itu dari segi input, proses, dan juga output pendidikan. Mutu atau kualitas pendidikan dapat tercapai apabila input-nya berkualitas, prosesnya berkulitas dan juga output-nya berkualitas.

Salah seorang mahasiswa Semester II (dua), STP Reinha  Larantuka  Mateus Dangga yang dihubungi oleh team Forum Literasi dan Diskusi Ilmiah mengatakan bahwa forum diskusi seperti ini merupakan wadah yang baik bagi mahasiswa untuk menambah pengetahuan di luar waktu normal kuliah. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa wadah ilmiah seperti ini harusnya terus dilakukan sebab dengan kegiatan ini mahasiswa semakin mengetahui secara lengkap isi buku dan juga secara pribadi dapat memberikan motivasi baginya untuk terus dan terus mendekatkan diri pada buku-buku. Ferdinandus Daud, selaku Ketua Senat Mahasiswa STP Reinha Larantuka mengapresiasi kegiatan ilmiah tersebut. Ia  mengatakan bahwa Forum Literasi dan Diskusi Ilmiah STP Reinha Larantuka harus tetap semangat dalam meningkatkan ruang-ruang ilmiah bagi mahasiswa. Ia juga mengatakan bahwa situasi pandemi Covid-19 bukan untuk memutus rantai ruang Ilmiah Mahasiswa. Ruang ilmiah harus tetap dilakukan dalam situasi apapun itu sebab dengan melakukan diskusi seperti ini kita sebagai mahasiswa akan memperoleh banyak pengetahuan.https://www.timordailynews.com/peringati-hardiknas-forum-literasi-diskusi-ilmiah-stp-reinha-larantuka-bedah-buku/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *