“BERJALAN DALAM KEBERSAMAAN”

“RUMAH KAMI, RUMAH KITA BERSAMA PAROKI ST.YOSEPH TANA BOLENG”
KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM)

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat tanpa mengharapkan imbalan dalam  bentuk apapun.  Kegiatan Pengabdian Kepada  Masyarakat ini  merupakan salah satu bagian kegiatan penting yang ada pada STP Reinha  Larantuka. Kegiatan PKM ini dilakukan oleh Mahasiswa /i STP  Reinha  Larantuka di Paroki St. Yosep Tana Boleng  yang dilaksanakan pada tanggal 25-28 Novemberi 2021. Kegiatan ini  dilakukan  sebagai salah satu bentuk  komitmen  untuk meningkatkan akademik yang kreatif, inovatif, misioner dan mandiri.  Kegiatan ini diikuti oleh  24 orang  mahasiswa dan 1 dosen pendamping  . Tema yang di angkat kali ini adalah “Allah Mencintai Manusia Dan Manusia Mencintai Manusia” Maksud dan  tujuan dari  tema ini yakni Allah mau menunjukan  bagaimana cintanya kepada manusia dan manusia  dapat menerapkan cinta kasih Allah dalam hidup bersamanya dalam komunitas atau lingkungan . Adapun jadwal kegiatannya sebagai berikut pada  Kamis , (25/11/2021) Mahasiwa  semester V( Lima)   melakukan perjalanan menuju Paroki St. Yoseph Tana Boleng  tempat Kegiatan PKM.

Mahasiswa/i menuju tempat PKM di Paroki St. Yosep Tana Boleng

Tepat jam 16:00 rombongan tiba di Paroki  dan  kami pun di sambut baik oleh Pastor Paroki Rm.Aloysisu  Dore Prr,  , Ketua Dewan Stasi Bapa  Darius Atamukin, serta pengurusnya  , Dan Para Omk Paroki. Dalam sambutannya Pastor Paroki Rm. Aloysisus Dore Prr  merasa  sangat senang atas kehadiran kami yang telah  bersedia melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, beliau pun berharap semoga dengan kehadiran kami dapat membantu kegiatan OMK dan seluruh umat di  Paroki St. Yoseph Tana Boleng.  Adapun sambutan dari ketua DPP  Oleh Bapa Darius Atamukin  beliau pun turut berbahagia  dengan kehadiran kami yang melakukan PKM  walaupun proses komunikasinya begitu cepat “tuturnya” harapan beliau  bahwa apa yang sudah di jadwalkan harus di jalankan . Seteleh sambutan dari Pastor paroki , di lanjutkan sambutan dari dosen pembimbing Bapa Vinsenius Bawa Toron ,  yang mana beliau adalah salah satu dosen tetap  di STP Reinha Larantua  beliau  merupakan salah satu dosen yang mengampuh mata kuliah Weekeed Patoral  . Dalam sambutanaya beliau mengucapkan terimakasih kepada Pastor Paroki St. Yosep Tana Boleng yang sudah bersedia menerima kami  mahasiswa STP Reinha yang akan melakukan PKM selama kurang lebih 4 hari dengan kegiatan yang sudah di jadwalkan  . Acara selanjutnya adalah perkenalan singkat  sesudah itu di lanjutkan perjalanan menuju Balai  Desa Nihaone . Kami pun di sabut baik oleh Bapa Kepala Desa Bapa Masan Payong dan Ketua Stasi  Bapa Mikhael Notan Leir serta OMK  di desa nihaone adapun sepatah kata dari Bapa Kepala Desa Dan Ketua Dewan Stasi kemudian karena  mengingat waktu sudah menunjukan 18:00 maka dilanjutkan dengan pembagian tempat penginapan    yang akan menyebar di 7 KBG dalam Stasi Nihaone  di antaranya KBG St. Yoseph,  KBG St . Perus, KBG St. Maria Ratu Damai, KBG St. Maria Bintang Kejora, KBG Santa Elisabeth, KBG Santo . Paulus, KBG Santa .Maria Pembantu Abadi dengan tujuan untuk mempermudah dalam melakukan kegitan dan dapat menjangkau umat.

Agenda kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PKM STP Reinha Larantuka adalah demikian.  Tepat tanggal 25 jam 20:00 mahasiwa melakukan kegiatan katekese di masing-masing KBG..  Proses katekse dapat bejalan dengan baik , dimana dalam berkatekes tersebut saya memberi kesimpulan dari  ke tujuh KBG bahwa dalam berkatese kami dapat saling mendengarkan dan berbagi pengalaman , cerita-cerita  yang menarik dari bapa dan  mama yang dapat  menginspirasi dan memotivasi   kami dalam perjalanan kehiduapan berpastoral dan proses perkuliahan dan dalam mnejalani kehidupan seharian. Dalam berkatekse tersebut di  akhiri dengan makan bersama sebagai bentuk kebersamaan  dan rasa kekeluargaan . Kegiatan hari kedua Jumat ,(26/11/2021) Animasi Pastoral oleh Pastor Paroki yang betempat di Taman Eden Paroki St. Yoseph Tana Boleng  dalam kegiatan animasi pastoral ini dimana pastor paroki menyampaikan hal-hal penting yakni  apa saja kekurang dalam KBG  yang menjadi kebutuhan umat  yang harus di  perhatikan dan di jalankan bersama . Kegiatan animasi pastor paroki berlangsung selama satu jam kemudian di lanjutkan  evaluasi kegiatan dan persiapan serta gladi koor bersama  bertempat di balai desa Nihaone.

Tepat  jam 20:00 doa bersama dan sosialisasi TPE di dua lingkungan masing-masing  dalam KBG  yakni  lingkungan Nihaone dan lingkungan Bedalewun. dalam Kegiatan sosialisasi TPE ini mahasiwa menjelaskan  kepada umat  agar umat dapat mengetahui  arti symbol dan jawab-jawaban  umat dalam  perayaan ekaristi berlangsung. Hal yang menarik adalah bahwa umat di setiap KBG sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Para mahasiswa pun berharap semoga dengan adanya kegiatan dan doa  bersama umat,  semakin  menumbuhkan dan membangkitkan semangat umat dalam hidup menggereja dan sesame  di sekitanrnya..Pada hari ketiga Sabtu,( 27/11/2021) pagi jam 08:00 para mahasiswa melanjutkan Kegiatan Pastoral Sekolah yang terjadi di 4 sekolah  yaitu SDI Lebanuba, SDI Bungalawan, SDK Lewolere, SDK Tana Boleng. ketika turun ke masing-masing SDK para mahasiwa disambut baik oleh kepala sekolah beserta guru-guru , dan ini merupakan salah satu kegiatan yamng mana mau melatih mentalitas mahasiswa ketika turun dan berhadapan langsung dengan peserta didik  kemudian di lanjutkan dengan kelas bersama peserta didik selama satu jam .  Tujuan dari Kegiatan Pastoral Sekolah ini adalah yang mana  mahasiswa memberikan  materi pengetahuan umum mengenai pakaian liturgi, warna liturgi, peralatan lirtugi , jadi peserta didik bukan hanya di ajarkan  atau mendapatkan  materi mengenai pendidkan agama katolik  tetapi juga peserta didik di bekali pengetahun umum seperti itu .  Dalam Proses kegiatan ini para guru sangat senang dengan kehadiran mahasiswa dalam mendampingi peserta didik . Mahasiswa juga menyediakan beberapa hadia sebagai bentuk apresiasi kepada siswa yang aktif  dalam menjawab pertanyaan yang diberikan  . Kegiatan pastoral sekolah ini dengan maksud membina iman anak dan menambah pengetahuan anak-anak. Dan kegiatan inipun diakhiri dengan makan dan minum bersama pada guru.

Tepat jam 10:00 di lanjutkan dengan pembersihan dan persiapan malam hiburan dan meditasi bersama. Kemudian tepat jam 14:00 di lanjutkan bakti sosial  bersama pelajar dan OMK stasi Nihaone dan Bedalewun di Lokasi Pantai Ina Burak dan Watotena. Tepat jam  19:00 di lanjutkan malam hiburan dan meditasi  bersama yang dihadiri oleh anak-anak SD, SMP,SMA ,OMK serta umat desa Bedalewun dan Desa Nihaone bertempat di lapangan bola volley Murai Nihaone SDK Lebanuba. Sebelum acara  pentas seni di mulai di berikan kesemepatan untuk sepatakata  dari Ketua Stasi , di lanjutkan sepatakata dari Mahasiswa STP REINHA Yang mewakili (Saudari Susan ) sekalian pengenalan kampus. Setelah itu di lanjutkan pengisian acara selingan beberapa acara dari mahasiwa, anak muda desa Bedalewun dan anak Muda desa Nihaone. Waktu menunjukan pukul 23:00 dilanjutkan dengan meditasi. Kegiatan Meditasi dimana terciptanya  keheningan yang hanya  di kelilingi oleh cahaya  lilin yang menerangi gelapnya malam . Dalam mediatasi berlangsung hal yang paling mengesankan  adalah hampir keseluruhan peserta meditasi meneteskan air mata di saat bersamaan dengan  iringan dan alunan music serta puisi  yang begitu sedih dan menyentuh hati mereka  yang dibacakan oleh saudara Mery Ola dengan suaranya yang begitu indah.. Setelah selesai meditasi semua kembali ke rumah masing-masing.

Meditasi bersama umat Nihaone

Pada hari keempat , Minggu (28/112021) perayaan ekaristi berpusat di  Paroki St. Yosep Tana Boleng  dan koor ditanggungi oleh mahasiswa/I STP Reinha Larantuka . Usai perayaan ekaristi di lanjutkan sekami bersama anak-anak  di dua SDK Lebanuba dan SDI Tana boleng. Kegiatan sekami berjalan dengan  riang gembira , anak-anak di beri pertanyaan kembali mengenai materi di di berikan di sekolah , serta nyanyian dan game bersama. Setelah Selesai kegiatan sekami ,  para mahasiswa berkumpul kembali di taman eden pastor paroki tana boleng untuk melakukan perpisahan bersama pastor paroki ,Ketua DPP bersama kepengurusannya . Dalam acara perpisaha tersebut pastor paroki mengucapak terimakasih kepada mahasiswa yang telah menjalankan dan menyelesaikan kegiatan PKM  dengan baik.  Adapun harapan dari pastor paroki agar aksi  yang sudah di sepakati bersama pada saat animasi paroki harus di jalankan. Pada akhir kata ucapan permohonana maaf dari beliau jika dalam kegiatan PKM ini banyak kekurangan dari pihak paroki. Beliau juga berpesan bahwa  pintu Paroki St. Yosep Tana Boleng selalu terbuka kepada siapa saja yang menjalakan kegiatan. Akhir kata beliau berharap  dengan adanya kegiatan PKM dapat memeberikan banyak manfaat bagi kita semua  khususnya para mahasiswa. TANAH BOLENG ADALAH RUMAH KITA BERSAMA.

Koor oleh mahasiswa/i STP Reinha Larantuka

Setelah itu tepat jam 11:30  semua mahasiswa  berangkat dari tempat penginapan menuju tempat pengumpulan Di Balai Desa Nihaone  untuk melakukan perpisahan bersama dengan kepala desa beserta  kepengurusannya , ketua stasi dan umat di desa Nihaone. Dalam acara perpisahan tersebut ada sepatakata dari Bapa ketua stasi Bapa Masan Payong , beliau mengucapakn limpah terimaksih dan sangat berbahagia kepada mahasiswa karena telah  menjalankan kegiatan serta sudah menjalin cintakasih dan persaudaran dengan lingkungan  KBG dalam segala kekuarangan yang ada. Ada satu pesan dari beliau yang sangat membuka mata hati kami yaitu” SEBAGAI MAHASISWA HARUS TAHU TEMPAT ,TAHU WAKTU , TAHU TUGAS . Selanjutnya sepatakata dari salah satu pengurus desa Ibu Ina. Beliau juga sangat berterimakasih dan sangat bangga atas kehadiran kami yang sudah menjalankan tugas kami sebagai mahasiwa dalam PKM , beliau sangat antusias dengan segala cara kami yang sudah berhasil merangkul umat dalam KBG dan telah melasakan aksi Katekese,  itu sebagi wujud nyata  dalam hidup menggereja. Beliau Berpesan “Tetap Semangat Dalam Menggapai Cita-Cita , Jangan Putus Asa, Selalu Ingat Akan Perjuangan Orang Tua”.

Kegiatan PKM ini sungguh memberikan begitu banyak pengalaman, pelajaran, cerita-cerita menarik serta kesan dan pesan  bagi kita dalam hidup menggereja ,pendidikan dan dalam kehidupan sehari-hari khususnya para peserta PKM , dan tentunya masing-masing memiliki pengalaman dan  cerita yang berbeda yang kemudian dijadikan sebagai kisah inpirasi dan motivasi untuk kemudian hari.  Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membantu mahasiswa agar dapat berbaur dan berkarya dalam masyarakat. Oleh karean itu , mahasiswa bukan hanya mendapatkan teori –teori dari  kampus tapi mahasiswa juga dapat mengaplikasikan apa  yang di dapatkan dengan kegiatan nyata dalam masyarakat melalu PKM.. Kami sungguh mendapatkan dan merasahkan begitu besarnya cinta kasih , persaudaran , kebaikan yang tulus dari Keluarga besar tana boleng yang tercinta ini. Dan “ Inilah  kami yang awalnya tamu namun dan dengan keberadaan  dan tinggal bersama kurang lebih 4 hari di tana bolen , rasanya tanah boleng  sudah menjadi tana dan rumah kita bersama “  di lewo tana inilah kami belajar dan berproses  dan pertemuan ini  bukanlah akhir dari segalanya. Namun dengan berpisahnya tempat tapi cerita dan kisah masih tetap terkenang. Jika kita masih diberi kesempatan pasti kita akan di pertemukan kembali . TERIMAKSIH UNTUKMU SEMUA , sayonara umat Paroki St. Yoseph Tana Boleng.

*SEKIAN *

By . (Veliksia Yohana Sano_Mahasiswa_Semester_V)

SALAM SUKSES STP REINHA LARANTUKA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.