PROFIL PRODI

PROFIL PROGRAM STUDI

Nama Detail
Nama Perguruan Tinggi (PT) Sekolah Tinggi Pastoral Reinha
Fakultas
Jurusan/Departemen Pendidikan
Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik
Status Akreditasi 2021 Baik (SK BAN-PT No.11854/SK/BAN-PT/Akred/S/2021)
Status Akreditasi 2022 Baik (6075/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/IX/2022)
Jumlah Mahasiswa 124 orang
Jumlah Dosen 10 orang
Alamat Prodi Kompleks Biara CIJ Ratu Damai Waibalun
Telp 038322166
SK Perubahan Prodi Link SK
Web PRODI/PT https://www.stprenya-lrt.sch.id/

Visi Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik

Menjadi Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik yang menghasilkan tenaga pendidik yang unggul dan kompetitif dalam bidang ilmu Pendidikan Agama Katolik di era globalisasi pada tahun 2030.

Misi Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengambdian Masyarakat yang integratif dalam bidang Pendidikan Keagamaan Katolik,
  2. Menyelenggarakan kegiatan praktikum untuk memberikan penguatan pada komptensi keguruan dan life skil Keagamaan Katolik serta mampu berkompetitif di tingkat nasional maupun internasional,
  3. Mengembangkan model-model pembelajaran berpusat pada Mahasiswa dan pemanfaatannya dalam pembelajaran Pendidikan Keagamaan Katolik,
  4. Menjalin kerjasama pada skala nasional dan internasional untuk meningkatkan potensi keilmuan di bidang Pendidikan Keagamaan Katolik.

Tujuan Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik

  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang berkepribadian, berpengetahuan dan terampil menerapkan teori-teori pendidikan di sekolah,
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang beriman dan bermoral kristiani,
  3. Menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kemampuan menulis yang bekaitan dengan ilmu pendidikan agama Katolik berdasarkan hasil penelitian,
  4. Menghasilkan tenaga pendidik yang mampu mempublikasikan karya tulis melalui media cetak dan elektronik,
  5. Menghasilkan tenaga penyuluh yang mampu mengabdikan diri dalam karya pelayanan di tengah masyarakat,
  6. Menghasikan tenaga penyuluh yang mampu mengembangkan usaha- usaha produktif untuk kesejahteraan masyarakat.

Untuk mencapai tujuan maka sasaran dan strategi pencapaian meliputi,

  1. Dosen, dengan;
    • Menambah jumlah dosen S3 dari 1 orang menjadi 4 orang. Strategi yang ditempuh: Mengusahakan pembiayaan studi lanjut dosen-dosen STP Reinha Larantuka.
    • Mengurus jabatan akademik 2 orang dosen dan 8 orang dosen dari Lektor di tahun 2023 memiliki jabatan akademik Lektor Kepala. Strategi yang ditempuh: Semua dosen mengumpulkan beban kerja dosen, membangun relasi dengan Bimas Katolik urusan jabatan akademik dosen.
    • Mengusahakan serdos untuk 2 dosen yang memiliki jabatan Strategi yang ditempuh: Melengkapi administrasi dosen dan mengupdatenya di forlap dikti, membangun relasi dengan Bimas Katolik urusan sertifikasi dosen,
    • Publikasi hasil penelitian atau karya ilmiah dosen. Strategi yang ditempuh: Mengoptimalkan anggaran yang ada, ikut serta dalam bimbingan penulisan karya ilmiah, mencari sponsor yang tidak mengikat.
  2. Infrastruktur
    • Penambahan sarana pembelajaran. Strategi yang ditempuh: Melakukan identifikasi peralatan yang dipergunakan untuk proses pembelajaran, mengajukan permohonan untuk pengadaan sarana pembelajaran kepada yayasan, pemerintah, donatur/ sponsor.
    • Penyediaan IT yang mendukung proses penyelenggaraan pendidikan. Strategi yang ditempuh: Mengidentifikasi jenis IT yang relevan, melaksanakan pelatihan bagi operator IT dan penggunaannya oleh dosen, mengikutsertakan tenaga kependidikan
    • Prasarana pendukung untuk menunjang pendidikan di STP Reinha Larantuka. Strategi yang ditempuh:
      1. Menyediakan ruang dan perlengakapan laboratorium pastoral dan kateketik
      2. Menyediakan ruang dan perlengkapan laboratorium Mickro Teaching
      3. Kerjasama (MoU) dengan paroki-paroki di wilayah Keuskupan Larantuka
      4. Kerjasama (MoU) dengan beberapa paroki di wilayah Keuskupan Maumere dan Keuskupan Agung Ende
      5. Menyediakan asrama putra dan putri.
  1. Kurikulum
    • Merevisi kurikulum KKNI 2019 menjadi kurikulum yang berstandar nasional mengacu pada MBKM. Strategi yang ditempuh: Membentuk Tim Revisi Kurikulum, mengadakan lokakarya untuk mereview kurikulum bersama pakar yang berstandar nasional mengacu MBKM.
    • Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan (akuntabilitas, tranparansi). Strategi yang ditempuh: Pembentukan LPM, pembuatan SPMI, menyelenggarakan audit internal dan audit eksternal oleh akuntan public, membangun kerjasama dengan Asosiasi Program Studi PKK, bekerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga, Universitas Negeri Semarang, ITFK Ledalero dan perguruan tinggi lain baik negeri maupun swasta.
  2. Kerjasama
    • Kerjasama dengan Keuskupan Larantuka. Strategi yang ditempuh: Kerjasama (MoU) dalam Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
    • Kerjasama dengan stakeholder dalam bidang pastoral dan pendidikan Strategi yang ditempuh: Kerjasama (MoU) di bidang pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.
    • Kerjasama dengan Perguruan Tinggi baik dalam dan luar negeri dalam bentuk pertukaran dosen dan pengiriman mahasiswa. Strategi yang ditempuh: Membuat korespondensi (MoU) dengan Perguruan- perguruan Tinggi bersangkutan.

 

SemesterSKSNo.Kode Mata KuliahNama Mata KuliahSKSMKWNMKWUMKWPMKP
VIII103MKKU 3342Skripsi6    
   MKPP 5542Mariologi2    
VII206MKKU 3141PPL PAK Sekolah4  v 
   MKKU 3241Kuliah Kerja Nyata4  v 
   MKPP 5141Sejarah Gereja3   v
   MKKU 31841Penelitian Tindakan Kelas3  v 
   MKKP 41321Kepemimpinan3   v
   MKKP 41432Administrasi Paroki3   v
VI208MKPP 5632Pastoral Paroki4 V  
   MKKU 31532Sakramentologi3  v 
   MKKU 32032Supervisi Pendidikan2  v 
   MKKP 4121Evangelisasi2   v
   MKKP 4932PAK Paroki2   v
   MKPP 5232Ekopastoral2   v
   MKPP 5332Ajaran Sosial Gereja3   v
   MKKU 32542Sosiologi Pendidikan2  v 
V207MKWI 2531Hukum Gereja3 V  
   MKKP 4321Homelitika3   v
   MKWI 2821Spiritualitas Katekis3 V  
   MKKU 32231Statistika Pendidikan2  v 
   MKKU 3922Liturgi Sakramen3   v
   MKKU 31322Kristologi3  v 
   MKKP 4231Wirausaha3   v
IV196MKWI 2922Metode Penelitian4 V  
   MKKU 3822Teori Pembelajaran3  V 
   MKKU 32431Didaktik Metodik PAK3  V 
   MKKU 32631Peng. Pemb. PAK4  V 
   MKKU 32131Micro Teaching3  V 
   MKKU 31441Eklesiologi2  V 
III208MKKU 31722PAK Sekolah4  v 
   MKKU 3721Psikologi Pendidikan3  v 
   MKKU 31221Kitab Injil2  v 
   MKKU 32321Manajemen Pendidikan2  v 
   MKKU 32722Tek Pendidikan2  v 
   MKKU 3631Profesi Kependidikan3  v 
   MKKP 4721Bimbingan Konseling2  v 
   MKKU 31922Filsafat Pendidikan2  v 
II217MKWN 1212Kewarganegaraan2v   
   MKWI 2712Pendidikan Moderasi Beragama3    
   MKWI 2311Moral Kristiani3  v 
   MKKU 31012KSPL3  v 
   MKKU 31112KSPB3  v 
   MKKP 4412Musik Liturgi4   v
   MKKP 4512Metode Penulisan3   v
I209MKWN 1111Pancasila2v   
   MKWN 1311Bah. Indonesia2v   
   MKWN 1411Bah. Inggris2v   
   MKWI 2111Heinrich Leven Value2 v  
   MKKU 3512Pendidikan Karakter3v   
   MKWI 2411Pend. Anti Korupsi2v   
   MKKU 3411PUPKK3 v  
   MKKP 41212Public Speaking2 v  
   MKWI 2611Logika2 v