PROFIL PROGRAM STUDI
Nama | Detail |
---|---|
Nama Perguruan Tinggi (PT) | Sekolah Tinggi Pastoral Reinha |
Fakultas | – |
Jurusan/Departemen | Pendidikan |
Program Studi | Pendidikan Keagamaan Katolik |
Status Akreditasi 2021 | Baik (SK BAN-PT No.11854/SK/BAN-PT/Akred/S/2021) |
Status Akreditasi 2022 | Baik (6075/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/IX/2022) |
Jumlah Mahasiswa | 124 orang |
Jumlah Dosen | 10 orang |
Alamat Prodi | Kompleks Biara CIJ Ratu Damai Waibalun |
Telp | 038322166 |
SK Perubahan Prodi | Link SK |
Web PRODI/PT | https://www.stprenya-lrt.sch.id/ |
- Visi Misi Prodi
- Tujuan
- Strategi
- Mata Kuliah
Visi Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik
Menjadi Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik yang menghasilkan tenaga pendidik yang unggul dan kompetitif dalam bidang ilmu Pendidikan Agama Katolik di era globalisasi pada tahun 2030.
Misi Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik
- Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengambdian Masyarakat yang integratif dalam bidang Pendidikan Keagamaan Katolik,
- Menyelenggarakan kegiatan praktikum untuk memberikan penguatan pada komptensi keguruan dan life skil Keagamaan Katolik serta mampu berkompetitif di tingkat nasional maupun internasional,
- Mengembangkan model-model pembelajaran berpusat pada Mahasiswa dan pemanfaatannya dalam pembelajaran Pendidikan Keagamaan Katolik,
- Menjalin kerjasama pada skala nasional dan internasional untuk meningkatkan potensi keilmuan di bidang Pendidikan Keagamaan Katolik.
Tujuan Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik
- Menghasilkan tenaga pendidik yang berkepribadian, berpengetahuan dan terampil menerapkan teori-teori pendidikan di sekolah,
- Menghasilkan tenaga pendidik yang beriman dan bermoral kristiani,
- Menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kemampuan menulis yang bekaitan dengan ilmu pendidikan agama Katolik berdasarkan hasil penelitian,
- Menghasilkan tenaga pendidik yang mampu mempublikasikan karya tulis melalui media cetak dan elektronik,
- Menghasilkan tenaga penyuluh yang mampu mengabdikan diri dalam karya pelayanan di tengah masyarakat,
- Menghasikan tenaga penyuluh yang mampu mengembangkan usaha- usaha produktif untuk kesejahteraan masyarakat.
Untuk mencapai tujuan maka sasaran dan strategi pencapaian meliputi,
- Dosen, dengan;
- Menambah jumlah dosen S3 dari 1 orang menjadi 4 orang. Strategi yang ditempuh: Mengusahakan pembiayaan studi lanjut dosen-dosen STP Reinha Larantuka.
- Mengurus jabatan akademik 2 orang dosen dan 8 orang dosen dari Lektor di tahun 2023 memiliki jabatan akademik Lektor Kepala. Strategi yang ditempuh: Semua dosen mengumpulkan beban kerja dosen, membangun relasi dengan Bimas Katolik urusan jabatan akademik dosen.
- Mengusahakan serdos untuk 2 dosen yang memiliki jabatan Strategi yang ditempuh: Melengkapi administrasi dosen dan mengupdatenya di forlap dikti, membangun relasi dengan Bimas Katolik urusan sertifikasi dosen,
- Publikasi hasil penelitian atau karya ilmiah dosen. Strategi yang ditempuh: Mengoptimalkan anggaran yang ada, ikut serta dalam bimbingan penulisan karya ilmiah, mencari sponsor yang tidak mengikat.
- Infrastruktur
- Penambahan sarana pembelajaran. Strategi yang ditempuh: Melakukan identifikasi peralatan yang dipergunakan untuk proses pembelajaran, mengajukan permohonan untuk pengadaan sarana pembelajaran kepada yayasan, pemerintah, donatur/ sponsor.
- Penyediaan IT yang mendukung proses penyelenggaraan pendidikan. Strategi yang ditempuh: Mengidentifikasi jenis IT yang relevan, melaksanakan pelatihan bagi operator IT dan penggunaannya oleh dosen, mengikutsertakan tenaga kependidikan
- Prasarana pendukung untuk menunjang pendidikan di STP Reinha Larantuka. Strategi yang ditempuh:
- Menyediakan ruang dan perlengakapan laboratorium pastoral dan kateketik
- Menyediakan ruang dan perlengkapan laboratorium Mickro Teaching
- Kerjasama (MoU) dengan paroki-paroki di wilayah Keuskupan Larantuka
- Kerjasama (MoU) dengan beberapa paroki di wilayah Keuskupan Maumere dan Keuskupan Agung Ende
- Menyediakan asrama putra dan putri.
- Kurikulum
- Merevisi kurikulum KKNI 2019 menjadi kurikulum yang berstandar nasional mengacu pada MBKM. Strategi yang ditempuh: Membentuk Tim Revisi Kurikulum, mengadakan lokakarya untuk mereview kurikulum bersama pakar yang berstandar nasional mengacu MBKM.
- Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan (akuntabilitas, tranparansi). Strategi yang ditempuh: Pembentukan LPM, pembuatan SPMI, menyelenggarakan audit internal dan audit eksternal oleh akuntan public, membangun kerjasama dengan Asosiasi Program Studi PKK, bekerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga, Universitas Negeri Semarang, ITFK Ledalero dan perguruan tinggi lain baik negeri maupun swasta.
- Kerjasama
- Kerjasama dengan Keuskupan Larantuka. Strategi yang ditempuh: Kerjasama (MoU) dalam Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
- Kerjasama dengan stakeholder dalam bidang pastoral dan pendidikan Strategi yang ditempuh: Kerjasama (MoU) di bidang pendidikan, penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.
- Kerjasama dengan Perguruan Tinggi baik dalam dan luar negeri dalam bentuk pertukaran dosen dan pengiriman mahasiswa. Strategi yang ditempuh: Membuat korespondensi (MoU) dengan Perguruan- perguruan Tinggi bersangkutan.
Semester | SKS | No. | Kode Mata Kuliah | Nama Mata Kuliah | SKS | MKWN | MKWU | MKWP | MKP |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
VIII | 10 | 3 | MKKU 3342 | Skripsi | 6 | ||||
MKPP 5542 | Mariologi | 2 | |||||||
VII | 20 | 6 | MKKU 3141 | PPL PAK Sekolah | 4 | v | |||
MKKU 3241 | Kuliah Kerja Nyata | 4 | v | ||||||
MKPP 5141 | Sejarah Gereja | 3 | v | ||||||
MKKU 31841 | Penelitian Tindakan Kelas | 3 | v | ||||||
MKKP 41321 | Kepemimpinan | 3 | v | ||||||
MKKP 41432 | Administrasi Paroki | 3 | v | ||||||
VI | 20 | 8 | MKPP 5632 | Pastoral Paroki | 4 | V | |||
MKKU 31532 | Sakramentologi | 3 | v | ||||||
MKKU 32032 | Supervisi Pendidikan | 2 | v | ||||||
MKKP 4121 | Evangelisasi | 2 | v | ||||||
MKKP 4932 | PAK Paroki | 2 | v | ||||||
MKPP 5232 | Ekopastoral | 2 | v | ||||||
MKPP 5332 | Ajaran Sosial Gereja | 3 | v | ||||||
MKKU 32542 | Sosiologi Pendidikan | 2 | v | ||||||
V | 20 | 7 | MKWI 2531 | Hukum Gereja | 3 | V | |||
MKKP 4321 | Homelitika | 3 | v | ||||||
MKWI 2821 | Spiritualitas Katekis | 3 | V | ||||||
MKKU 32231 | Statistika Pendidikan | 2 | v | ||||||
MKKU 3922 | Liturgi Sakramen | 3 | v | ||||||
MKKU 31322 | Kristologi | 3 | v | ||||||
MKKP 4231 | Wirausaha | 3 | v | ||||||
IV | 19 | 6 | MKWI 2922 | Metode Penelitian | 4 | V | |||
MKKU 3822 | Teori Pembelajaran | 3 | V | ||||||
MKKU 32431 | Didaktik Metodik PAK | 3 | V | ||||||
MKKU 32631 | Peng. Pemb. PAK | 4 | V | ||||||
MKKU 32131 | Micro Teaching | 3 | V | ||||||
MKKU 31441 | Eklesiologi | 2 | V | ||||||
III | 20 | 8 | MKKU 31722 | PAK Sekolah | 4 | v | |||
MKKU 3721 | Psikologi Pendidikan | 3 | v | ||||||
MKKU 31221 | Kitab Injil | 2 | v | ||||||
MKKU 32321 | Manajemen Pendidikan | 2 | v | ||||||
MKKU 32722 | Tek Pendidikan | 2 | v | ||||||
MKKU 3631 | Profesi Kependidikan | 3 | v | ||||||
MKKP 4721 | Bimbingan Konseling | 2 | v | ||||||
MKKU 31922 | Filsafat Pendidikan | 2 | v | ||||||
II | 21 | 7 | MKWN 1212 | Kewarganegaraan | 2 | v | |||
MKWI 2712 | Pendidikan Moderasi Beragama | 3 | |||||||
MKWI 2311 | Moral Kristiani | 3 | v | ||||||
MKKU 31012 | KSPL | 3 | v | ||||||
MKKU 31112 | KSPB | 3 | v | ||||||
MKKP 4412 | Musik Liturgi | 4 | v | ||||||
MKKP 4512 | Metode Penulisan | 3 | v | ||||||
I | 20 | 9 | MKWN 1111 | Pancasila | 2 | v | |||
MKWN 1311 | Bah. Indonesia | 2 | v | ||||||
MKWN 1411 | Bah. Inggris | 2 | v | ||||||
MKWI 2111 | Heinrich Leven Value | 2 | v | ||||||
MKKU 3512 | Pendidikan Karakter | 3 | v | ||||||
MKWI 2411 | Pend. Anti Korupsi | 2 | v | ||||||
MKKU 3411 | PUPKK | 3 | v | ||||||
MKKP 41212 | Public Speaking | 2 | v | ||||||
MKWI 2611 | Logika | 2 | v |